Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara ASEAN

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara. Yang menjadi tetangga Indonesia di Asia Tenggara yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Filifina, Timor Leste, dan Papua Nugini. Thailand merupakan negara berbentuk kerajaan dan dikenal sebagai Negeri Gajah Putih, dan beribu kota di Bangkok. Malaysia beribu kota di Kuala Lumpur, merupakan negara persemakmuran Inggris dan merdeka pada tanggal 31 agustus 1957. Singapura beribukota di Singapura, terletak di Selat Malaka sebelah utara. Brunei Darussalam beribukota di Bandar Seri Begawan, merupakan negara yang makmur karena mempunyai hasil tambang minyak bumi yang besar. Filifina merupakan negara kepulauan yang beribukota di Manila, merdeka pada tanggal 12 juli 1946 setelah di jajah oleh Amerika Serikat. Timor Leste negara yang baru merdeka dan terletak di pulau Timor. Papua Nugini merupakan negara persemakmuran Inggris, dan merdeka pada tanggal 16 september 1975.
Ciri-ciri gejala alam Indonesia dan negara tetangga antara lain gempa bumi, tanah longsor, banjir, gunung meletus, angina topan, dan sebagainya. Gejala ala mini sangat erat kaitannya dengan kenampakan muka bumi, dan terjadi hampir di seluruh dunia. Secara umum, kenampakan muka bumi Indonesia dengan negara-negara tetangga anggota ASEAN hampir sama.
Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui pegunungan lipatan muda jalur Mediteran. Pegunungan ini mulai dari Pegunungan Arakan Yoma ( Myanmar ) sebagai kelanjutan, Pegunungan Himalaya ke Pegunungan Andaman dan Nikobar sebelah utara Sumatra, terus Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra, pegunungan yang membentang dari barat ke timur Pulau Jawa, Kepulauan Nusa Tenggaradan berakhir di Laut Banda.
Flora dan Fauna wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi 3 wilayah biologis yaitu:
1. Zona tumbuh-tumbuhan dan hewan Asia, zona ini dibatasi oleh garis Wallace yaitu dari sebelah barat kepulauan Filifina, ke selatan Selat Makasar dan Selat Lombok.
2. Zona tumbuh-tumbuhan dan hewan Australia, zona ini meliputi Irian dan Australia dengan batasnya garis Weber.
3. Zona transisi, zona ini meliputi kepulauan Filifina, Sulawesi, NTB, NTT, dan Timor Leste.

Gejala sosial Indonesia dan negara tetangga
Masalah sosial pada umumnya disebabkan oleh faktor manusia. Adapun masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat pada umumnya sama. Masalah-masalah tersebut antara lain kemiskinan, kejahatan, kependudukan dan lingkungan hidup.
Sebab-sebab timbulnya masalah sosial adalah karena lembaga kemasyarakatan tidak berfungsi dengan baik, khususnya lembaga ekonomi.
Masalah kepadatan penduduk di Indonesia diatasi melalui program keluarga berencana dan transmigrasi.
Lingkungan hidup yang berkaitan dengan masalah sosial dapat dibedakan menjadi 3 yaitu lingkungan fisik, lingkungan biologis dan lingkungan sosial. Pencemaran merupakan masalah yang timbul terhadap lingkungan hidup.

About these ads

About vitrylovie

simpel ajja
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s